Top 3 Tekno Berita Kemarin: Covid-19 Sleman, Dosis ke-4 Pfizer, PLTS Portabel

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Jumat 10 Desember 2021, diawali dari artikel tentang peta zona merah Covid-19 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Peta sudah mencakup 19 kelurahan atau desa dari total 86 yang ada di wilayah kabupaten itu.

Berita terpopuler kedua datang dari pernyataan CEO Pfizer bahwa dosis keempat vaksin pada akhirnya mungkin diperlukan di tengah kekhawatiran tentang Covid-19 varian Omicron. Suntikan keempat mungkin diperlukan 12 bulan setelah pemberian dosis yang ketiga.

Terpopuler ketiga diisi artikel Top 3 Tekno Berita Kamis, 9 Desember 2021. Di dalamnya memuat artikel tentang alat pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS portabel bikinan tim dosen dan mahasiswa ITB. Alat itu menyabut gelar juara pertama dalam Marine Paper Competition 2021 gelaran Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada November lalu.

Berikut Top 3 Tekno Berita Kemarin, Jumat 10 Desember 2021, selengkapnya,

1. Zona Merah Peta Covid-19 Sleman Mulai Meningkat

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta tak menampik atas kondisi meningkatnya zona merah Covid-19 dalam peta kawasan yang memiliki 17 kecamatan itu pada Desember ini.

Dari peta zona Covid-19 yang beredar, tak kurang 19 kelurahan atau desa dari total 86 desa di Kabupaten Sleman masuk dalam zona merah, yaitu Kelurahan Ambarketawang, Argomulyo, Banyurejo, Bokoharjo, Candibinangun, Caturtunggal, Gayamharjo, Glagaharjo, Hargobinangun, Harjobinangun, Madurejo, Margorejo, Mororejo, Pondokrejo, Sardonoharjo, Sendangadi, Sumberharjo, Tirtoadi dan Wedomartani.

“Zona merah tersebar di Sleman bagian tengah dan utara,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sleman Shavitri Nurmala Dewi, Kamis, 9 Desember 2021.

2. CEO Pfizer: Dosis Keempat Vaksin Mungkin Perlu untuk Melawan Omicron

CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan bahwa dosis keempat vaksin Covid-19 pada akhirnya mungkin diperlukan di tengah kekhawatiran tentang varian Omicron. Dia mengira bahwa suntikan keempat mungkin diperlukan 12 bulan setelah dosis ketiga, tapi dengan adanya varian baru itu, waktunya bisa saja lebih cepat.

“Dengan adanya Omicron, kita perlu menunggu dan melihat karena kita hanya memiliki sedikit informasi. Kita mungkin membutuhkannya lebih cepat,” ujar dia menurut laporan pada Rabu, 8 Desember 2021.

Namun, untuk saat ini, perusahaan juga menjelaskan bahwa tiga dosis tampaknya memberikan perlindungan yang baik. Pfizer merilis data yang menunjukkan bahwa dosis ketiga menyebabkan tingkat antibodi yang sama terhadap Omicron seperti dua dosis terhadap virus asli, dan mengarah pada perlindungan yang kuat.

3. Top 3 Tekno Berita Hari Ini: PLTS Portabel ITB, Ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1

Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang tim dosen dan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat alat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) portabel. Saat dilombakan di ajang Marine Paper Competition 2021 gelaran Institut Teknologi Sepuluh Nopember, karya itu pada November lalu dinobatkan sebagai juara pertama.

Berita terpopuler selanjutnya tentang dua merek berbeda akan merilis ponsel terbarunya, Motorola Moto Edge X30 dan realme GT 2 Pro, pada hari ini, Kamis, 9 Desember 2021. Menjelang peluncurannya, beberapa informasi spesifikasi dari kedua ponsel itu telah bocor secara online.

Selain itu, Afrika Selatan melaporkan hampir 20 ribu kasus baru infeksi Covid-19 pada Rabu, 8 Desember 2021. Angka tersebut menjadi rekor tertinggi sejak varian Omicron terdeteksi, dan 36 kematian baru terkait penyakit yang disebabkan SARS-CoV-2 itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.