Pusaran Angin Baru Terpantau Hari Ini di Barat Daya Jawa Barat

Vorteks atau pusaran angin dalam skala luas baru terpantau Ahad, 28 November 2021. Menurut peneliti klimatologi Pusat Riset dan Teknologi Atmosfer di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin, temuan baru itu berada di arah barat daya wilayah Jawa Barat.

Lokasi keberadaan vorteks yang bisa menimbulkan hujan deras hingga ekstrem dan angina kencang itu berada pada koordinat sekitar 8 derajat Lintang Selatan dan 100 derajat Bujur Timur. “Karena lokasinya masih jauh dari darat maka tidak begitu berdampak,” katanya kepada Tempo, Ahad 28 November 2021.

Prediksinya, vorteks baru itu akan mendekat ke daratan, Senin, 29 November 2021. “Maka dapat menimbulkan angin kencang dan hujan deras untuk kawasan Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan,” ujar Erma.

Menurutnya, Indonesia kini tengah dikepung oleh sistem badai dalam bentuk tiga vorteks, yaitu di Laut Jawa, vorteks Borneo di utara Malaysia, dan pembentukan vorteks baru di Samudera Indonesia sebelah barat daya Jawa Barat.

Kondisi itu terlihat dari pantauan terhadap data radar BMKG serta pengamatan terhadap data satelit dan model prediksi dari Satellite-based Disaster Early Warning System (Sadewa) milik Pusat Riset dan Teknologi Atmosfer-BRIN.

Sementara itu, peringatan dini cuaca di wilayah Jawa Barat dari BMKG per Ahad, 28 November 2021, menyatakan potensi hujan kategori sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada pukul 12.10 yang diperkirakan berlangsung hingga pukul 14.10 WIB.

Wilayahnya meliputi Jampang Kulon, Nyalindung (Kabupaten Sukabumi), Cimanggung, Buahdua (Kabupaten Sumedang), Leles (Kabupaten Cianjur), Cicalengka (Kabupaten Bandung), kemudian Banyuresmi, Leles, Kadungora, Leuwigoong, dan sekitarnya di Kabupaten Garut.

Luasan wilayahnya selain lima daerah itu meliputi Gantar, Trisi (Kabupaten Indramayu), Cisalak, Tanjungsiang, Cijambe, Kasomalang (Kabupaten Subang), Lembang (Kabupaten Bandung Barat), Gunung Puyuh, Cikole, Citamiang, Warudoyong, Baros, Lembursitu, Cibeureum, dan sekitarnya di Kota Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.