NHTSA Selidiki Fitur Game di Mobil Listrik Tesla yang Dianggap Membahayakan

Beberapa model mobil listrik Tesla kembali diselidiki Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat pada Rabu, 22 Desember 2021. Itu terjadi karena kehadiran fitur game ‘Passanger Play’ yang dihadirkan Tesla.

NHTSA dikabarkan bakal menyelidiki 580.000 unit mobil listrik Tesla yang dilengkapi fitur ‘Passanger Play’. Menurut NHTSA, fitur game ini bisa membahayakan pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Beberapa tipe mobil listrik yang menjadi incaran NHTSA itu adalah Tesla Model S, Model Y, Model 3 dan Model X produksi 2017-2021. Sejumlah model kendaraan listrik itu diketahui sudah memiliki fitur game sejak Desember 2020.

Sebelumnya, fitur game ini hanya bisa dimainkan jika mobil listrik tersebut dalam posisi parkir. Namun penyelidikan ini dimulai setelah adanya laporan bahwa fitur game Tesla bisa diaktifkan saat kendaraan listrik berjalan.

Penyelidikan ini nantinya akan memeriksa semua aspek fitur game dalam mobil listrik Tesla untuk mengetahui apakah hal itu menyebabkan gangguan atau tidak. Beberapa hal yang akan diperhatikan adalah soal frekuensi hingga seberapa silau layar tersebut.

Apabila hasil penyelidikan ini positif menyebabkan risiko kecelakaan, maka bukan tidak mungkin jika Tesla akan menarik kembali (recall) beberapa model tersebut. Sekedar informasi, Mercedes-Benz sempat melakukan recall karena sistem layar infotainment bisa menayangkan acara televisi saat mobil tengah bergerak.

HINDUSTAN TIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.