Mazda Luncurkan Kei Car Carol, Kembaran Suzuki Alto

Mazda meluncurkan kei car Carol generasi kedelapan di Jepang dengan powertrain hybrid ringan. Nama Carol diperkenalkan pada tahun 1962 untuk city car pertama Mazda yang sejak tahun 1980 hingga saat ini telah diproduksi oleh Suzuki sebagai versi rebadged dari Suzuki Alto. Sejak generasi baru Alto memulai debutnya bulan lalu, giliran Carol untuk menerima pembaruan.

Tidak mengherankan, kedua model ini terlihat identik, selain emblem dan trim krom kecil di wajah Suzuki yang tidak berlaku untuk Mazda. Dengan demikian, Carol mewarisi gaya boxy dan dimensi ringkas dari Alto. Lebih khusus lagi, mobil ini berukuran panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.525 mm, dengan jarak sumbu roda 2.460 mm.

Mazda mengumumkan tiga trim level Carol yakni GL, Hybrid GS, dan Hybrid GX. Yang pertama hanya tersedia dalam mesin pembakaran internal, dengan mesin bensin tiga silinder 660cc yang menghasilkan 48 hp ( 36 kW / 49 PS).

Tenaga dikirim ke roda penggerak depan (2WD) atau ke keempat roda (4WD) melalui gearbox CVT. Untuk varian Hybrid menggunakan generator starter terintegrasi (ISG) yang menghasilkan 2,5 hp (1,9 kW / 2,6 PS) dan paket baterai lithium-ion. Trim paling hemat memiliki konsumsi bahan bakar 3,61 lt/100km.

Meski berdimensi mungil, Mazda Carol memiliki fitur pendukung yang tidak kalah dengan mobil premium. Mulai dari perangkat keselamatan mencakup 6 airbag, ditambah beberapa sistem ADAS dasar termasuk sistem pendukung rem kamera ganda, lane departure warning, auto high beam, dan dukungan rem saat mundur.

Meski demikian, Caron tidak mendapatkan sistem infotainment 7 inci seperti pada Alto karena semua grade dilengkapi dengan panel plastik yang menutupi area di antara ventilasi kontrol pengatur AC. Namun, trim yang lebih tinggi mendapatkan fitur seperti lampu depan LED, velg 14 inci, dan AC otomatis.

Mazda Carol akan tersedia di Jepang mulai pertengahan Januari 2022. Harganya berkisar dari 998.800 yen hingga 1.303.500 yen, membuatnya setara dengan harga Suzuki Alto Hybrid. Harga tersebut setara dengan Rp 123,8 juta hingga Rp 161,6 juta (kurs saat ini 1 yen = Rp 124).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.