Manfaat Attapulgite Untuk Diare

Saat Anda mengalami diare, attapulgite bisa membantu. Pasalnya, obat ini membantu menenangkan diare agar tidak terjadi lagi. Namun tentu saja sebelum mengonsumsi obat ini, sangat penting untuk memahami tentang obat ini terlebih dahulu.

Manfaat Attapulgite

Attapulgite merupakan obat oral yang biasa digunakan untuk mengobati diare. Obat ini bekerja dengan menyerap atau menahan sejumlah besar bakteri dan racun dan mengurangi kehilangan air dalam tubuh. Attapulgite membantu melawan diare, memadatkan tinja yang encer, dan meredakan kram pencernaan yang sering dikaitkan dengan diare. Itu karena diare bisa menyebabkan dehidrasi, yang bisa berbahaya bagi tubuh Anda karena kekurangan air. Apalagi jika ini terjadi pada anak Anda. 

Dosis dan Aturan Pakai Attapulgite

Tentunya obat attapulgite tidak boleh sembarang dikonsumsi dan harus dengan dosis dan aturan yang tepat:

  • Orang dewasa dan remaja di atas usia 12 tahun dapat mengonsumsi 1,2 hingga 1,5 gram per dosis, hingga maksimum 8,4 gram per hari.
  • Anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun dapat mengonsumsi 600 hingga 750 mg setelah setiap buang air besar dan hingga 4,5 gram per hari.
  • Anak-anak berusia 3 hingga 6 tahun dapat mengonsumsi 300 mg setelah setiap buang air besar dengan total 2,1 gram (7 dosis) per hari.

Baca label kemasan untuk memastikan dosis yang benar. Juga tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda harus terus minum obat setelah gejala Anda membaik. Sangat penting untuk minum obat sesuai resep dokter. Anda dapat meminum tablet attapulgute dengan atau tanpa makanan untuk membantu Anda menelannya. 

Ingatlah untuk minum banyak cairan tanpa kafein untuk membantu memasukkan obat ke dalam perut Anda. Jangan minum tablet ini lebih lama dari yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Juga, penting untuk menyimpan obat ini pada suhu kamar dan di tempat yang kering dan tidak lembab. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak, hewan peliharaan, dan sinar matahari langsung. 

Ingatlah untuk meminum obat sebelum tanggal kadaluwarsa dan segera membuangnya jika Anda menemukan obat tersebut telah kedaluwarsa. Tidak disarankan untuk berbagi obat dengan orang lain meskipun memiliki keluhan yang sama. Karena setiap orang memiliki masalah kesehatan yang berbeda yang dapat terkena dampak buruk jika Anda minum obat apa pun tanpa saran dokter Anda.

Efek Samping Attapulgite

Efek samping utama dari attapulgite adalah sembelit. Selain itu, obat ini juga dapat menyebabkan hal-hal tertentu, seperti: perut kembung, sakit perut, dan mual. Adapun tanda-tanda reaksi alergi yang harus diwaspadai adalah ruam, gatal, kulit merah, bengkak, mengi, dada sesak, kulit mengelupas, sulit bernapas, pembengkakan. Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter dan bisa juga mengunjungi Orami.co.id untuk mempelajari dengan obat-obatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.