Kiat Menunda Penuaan setelah Usia 40 Tahun

Setelah berusia 40 tahun, risiko kesehatan tertentu meningkat. Beberapa orang mengalami proses penuaan alami dengan masih menjalani kebiasaan sehari-hari yang kurang baik. Akibatnya, ini akan mempercepat penuaan dan juga membuat kondisi kesehatan menurun.

Kabar baiknya, Anda dapat membuat beberapa perubahan gaya hidup mudah yang akan membuat tetap merasa muda selama beberapa dekade setelah usia 40-an. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap awet muda dan bugar di usia 40 tahun ke atas, seperti dilansir dari Eat This.

Olahraga Saat berolahraga, jangan lewatkan latihan kekuatan. Tidak hanya meningkatkan metabolisme dengan mendorong pertumbuhan otot tanpa lemak tetapi juga menjaga tulang tetap kuat. Pada usia 40, kepadatan tulang turun sekitar 1 persen setiap tahun. Latihan beban menyebabkan otot menarik tulang di dekatnya, yang meningkatkan kepadatan. Studi menunjukkan bahkan angkat beban ringan dengan repetisi yang lebih tinggi dapat memiliki efek itu. Para ahli merekomendasikan dua latihan kekuatan per minggu.

Kurangi gula Setelah usia 40, kemungkinan mengembangkan penyakit kronis tertentu meningkat, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan demensia. Mengurangi sumber gula tambahan dalam makanan, khususnya minuman manis, biji-bijian olahan, makanan olahan, dan makanan cepat saji, dapat mengurangi risiko masing-masing sumber gula tersebut.

“Gula tambahan adalah ancaman kesehatan nomor satu yang paling signifikan di Amerika,” kata David Zinczenko, penulis buku terlaris Zero Sugar Diet. “Semakin banyak gula tambahan, semakin sedikit makanan sehat yang dimakan sepanjang hari, dan semakin cepat Anda menua.”

Berhubungan seks Bisakah seks membuat terlihat 5-7 tahun lebih muda? Itulah penemuan psikolog Inggris yang menghabiskan satu dekade mewawancarai orang-orang tentang kehidupan seks mereka. Peserta studi berusia 40-50 yang tampak lebih muda dari rekan-rekan mereka melaporkan berhubungan seks 50 persen lebih sering, lapor Dr. David Weeks. Alasannya, orgasme melepaskan hormon pertumbuhan manusia dan merangsang proses biologis lain yang membuat terlihat dan merasa muda.

Jaga kesehatan mental Masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi dapat muncul seiring bertambahnya usia, bahkan pada orang yang tidak pernah mengalami di masa muda. Tanda-tandanya bisa tidak kentara jika Anda mengalami mudah marah, kelelahan, atau gangguan tidur. Bicarakan dengan dokter.

Lakukan diet ini Sebuah studi yang diterbitkan 2021 di jurnal Aging menemukan kemungkinan mengurangi usia biologis tiga tahun dalam delapan minggu dengan membuat beberapa diet sederhana dan perubahan gaya hidup. Itulah yang ditemukan para peneliti dalam kelompok uji yang mengonsumsi sebagian besar pola makan nabati dengan suplemen probiotik, berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, melakukan latihan relaksasi, dan tidur setidaknya tujuh jam semalam. Para ilmuwan menemukan DNA peserta penelitian menjadi rata-rata 3,23 tahun lebih muda setelah hanya dua bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.