Hari Ini 34 Tahun Usia Rihanna: Karir Penembang Umbrella Asal Barbados

TEMPO.CO, Jakarta -Kepopuleran Robyn Rihanna Fenty, atau yang lebih dikenal Rihanna di dunia musik tidak perlu diragukan lagi. Pelantun tembang Umbrella ini dikenal sebagai penyanyi dengan suara khas yang multitalenta.

Berbagai aliran musik pun telah dilakoni di sepanjang karir musiknya oleh perempuan berusia 34 tahun ini. Penampilannya yang nyentrik dan modis didukung dengan paras cantiknya, membuat Rihanna mendapat tempat tesendiri di hati para penikmat musik.

Rihanna, lahir 20 Februari 1988 adalah seorang penyanyi pop dan R&B yang multitalenta asal Barbados. Selain dikenal sebagai penyanyi, Rihanna adalah seorang penulis lagu, aktris, dan pengusaha.

Rihanna lahir dan besar di Barbados bersama dengan kedua orangtuanya, Ronald Fenty dan Monica.

Melansir dari britannica.com, sejak kecil, Rihana telah terbiasa mendengarkan musik-musik Karibia, seperti reggae serta hiphop dan R&B Amerika Serikat.

Bakatnya di dunia tarik suara sudah tampak sejak kecil. Hal ini ditandai Rihanna menjuarai pertunjukkan bakat di sekolah menengah dengan membawakan lagu milik Mariah Carey.

Setelah itu, pada 2004, Rihanna bergabung dalam sebuah girl grup dan menarik perhatian Evan Rogers, seorang produser rekaman Amerika. Rihanna merekam demo yang kelak menjadi single yang masuk ke dalam album debutnya, Music of The Sun (2005). Hal itulah yang menjadi pintu awal Rihanna untuk mantap terjun ke dunia musik dengan bergabung ke label rekaman Def Jam.

Pada saat itu juga, nama Rihanna, yang mengadopsi dari nama tengahnya sebagai nama panggungnya.

Dijelaskan dalam hellomagazine.com, pada awal perilisannya, album debut Rihanna meledak dipasaran. Bahkan, album ini debut di Billboard 200 dan mendapat sertifikasi emas dari Recording Industry Association of America (RIAA).

Setelah itu, Rihanna semakin menekuni dunia tarik suara. Pada 2006, Rihanna merilis album keduanya yang bertajuk A Girl like Me (2006). Album ini terbilang sukses ditandai dengan menempati posisi sepuluh besar di tiga belas negara.

Puncaknya, ketika single Umbrella dirilis pada 2007, yang berhasil memuncaki tangga lagu di tiga belas negara dan bertahan pada posisi pertama selama sepuluh minggu berturut-turut di Inggris.

Dikutip biography.com, pada 2012, Rihanna meluncurkan yayasan nonprofit bernama Clara Lionel Foundation, nama yang diambil dari nenek Rihanna. Yayasan ini mendukung dan mendanai program pendidikan dan respons dini di seluruh dunia.

Saat ini, Rihanna merupakan sosok yang berpengaruh di dunia. Pada 2012-2018, Rihanna tercatat masuk 100 orang paling berpengaruh di dunia. Di negara asalnya, Rihanna medapat gelar kehormatan Ambassador for Culture and Youth di Barbados.

NAOMY A. NUGRAHENIBaca : Gaya Maternity Rihanna Tampil Stylish dengan Atasan Bertali Serba Hitam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.