Berikut Tempat-tempat Diberlakukan Larangan Selfie

TEMPO.CO, Makkah -Terdapat tempat-tempat publik yang memiliki larangan selfie. Kebijakan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti keselamatan pengunjung dan menjaga kesakralan tempat tersebut.

Lalu tempat mana saja yang memiliki larangan selfie?

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Arab Saudi

Secara resmi, Pemerintah Arab Saudi melarang aktivitas selfie di Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah. Larangan ini dibuat karena martabat dua tempat bersejarah ini bagi umat muslim ini perlu dijaga.

Selain itu, kebijakan ini dibuat agar tidak mengganggu jamaah yang lain. Hal ini karena melihat aktivitas para jamaah yang cenderung menghabiskan waktu mengambil video dan foto dibandingkan berdoa.

Dang Gujarat, India

Selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, ternyata tempat wisata Dang Gujarat di India juga melarang wisatawan selfie. Pemerintah Distrik Dang Gujarat melarang selfie untuk menjaga keamanan dan meminimalisir kecelakan. Melansir laman indiatvnews.com, peraturan ini ditegakkan sejak 23 Juni 2021. Larangan ini tidak hanya berlaku di tempat wisata, namun juga pada jalan, tebing, air terjun, dan sungai yang ada di daerah tersebut.

Danau Tahoe Selatan, California

Melakukan selfie juga dilarang di taman ini. Hal ini dilakukan untuk keselamatan para pengunjung. Sebab, banyak pengunjung yang mendatangi taman untuk bertemu dengan binatang liar dan berselfie. Apalagi, binatang seperti beruang tidak dapat diprediksi waktu menyerangnya.

Pantai La Garoupe, Prancis

Pantai merupakan objek wisata untuk melepas penat dan stres. Terkadang misi untuk berlibur menjadi hilang karena waktu habis untuk berfoto. Oleh karena itu, kebijakan Pantai La Garoupe adalah melarang berselfie dengan tujuan menikmati liburan di pantai. Larangan ini berlaku pada kawasan yang telah diberi tanda. Untuk menegakkan kebijakan ini, terdapat polisi yang akan berpatroli.

Festival Pamplona, Spanyol

Festival Pamplona merupakan festival mengejar dan dikejar antara banteng dan manusia. Setiap peserta akan menggunakan pakaian putih merah dan beberapa banteng akan mulai mengejar.

Namun, terdapat beberapa peserta yang memilih untuk berselfie dengan banteng. Sehingga peserta tersebut tidak sempat menyelamatkan diri dan terluka. Oleh karena itu, kebijakan baru penyelenggara adalah larangan selfie selama festival.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.